Blog

BUKU AJAR ??

Buku Ajar
Uncategorized

BUKU AJAR ??

“Mungkin hanya ada di Indonesia, dosen menulis buku, tetapi
meragu jenis buku apa yang ditulisnya“

Standar dan Kaidah Penerbitan Buku

Standar dan kaidah penulisan buku dikelompokkan
ke dalam tiga bagian, yaitu standar
mutu, standar proses, dan kaidah pemerolehan
naskah.

Standar mutu buku, terdiri atas

  • standar materi;
  • standar penyajian;
  • standar desain; dan
  • standar grafika.

Inilah Buku Ajar / Buku Teks

Ciri kental buku ajar/buku teks yang harus dipahami ialah fungsinya sebagai bahan pembelajaran. Karena itu, buku ajar selalu disusun berbasis kurikulum/silabus atau di perguruan tinggi disebut RPS (Rancangan Pembelajaran Semester) – lihat Pasal 54 Permendikbudristek No. 22 Tahun 2022.

Jadi, isi buku ajar merupakan pengembangan dari RPS yang telah dibuat dan dibagi ke dalam unit-unit pembelajaran atau beberapa bab buku.

Jika ada yang bertanya seperti ini: “Pak, apakah buku saya ini buku ajar?”
Saya pun akan balik bertanya: “Apakah buku ini disusun berbasis RPS?”

Berikut ini penjelasan tentang buku ajar versi PPI 2019, DIKTI.

Buku ajar atau buku teks (textbook) merupakan manual untuk pengajaran dalam suatu cabang ilmu sebagai pegangan untuk suatu mata kuliah dan sarana pengantar ilmu pengetahuan. Buku ajar dibuat dengan bahasa yang mudah dimenge[r]ti oleh mahasiswa dengan banyak ilustrasi untuk memperjelas konsep, biasanya tersedia soal latihan dan penugasan. Umumnya buku ajar berwujud cetakan, tetapi sekarang ini semakin banyak yang berupa e-book dalam format PDF, sistem tutor daring, dan bahkan kuliah lewat video. Buku ajar ditulis dan disusun oleh pakar di bidangnya dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan (Lukman dkk. 2019, 73).

Berikut ini penjelasan tentang buku ajar versi Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit (POPAK) Tahun 2019, DIKTI.

Buku ajar adalah buku pegangan untuk suatu mata kuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar di bidangnya dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan. Buku ajar yang telah men-dapatkan sertifikat karya cipta dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kemenkumham maka karya tersebut hanya dapat diajukan salah satu sebagai bukti melaksanakan pendidikan atau melak-sanakan penelitian.

Dua penjelasan tersebut sebenarnya mirip. Keduanya menekankan buku ajar harus ditulis sesuai dengan kaidah buku ajar. Apa itu kaidah buku ajar? Itulah yang tidak dijelaskan di dalam kedua pedoman tersebut. Untuk itu, para dosen memang perlu dilatih secara spesifik bagaimana menulis buku ajar/buku teks perguruan tinggi dan sebaiknya mengu-asai penulisan buku jenis ini.

Jadi, simpulan ciri buku ajar/buku teks dapat Anda kenali segera melalui poin-poin berikut ini.

  • Buku ajar ditujukan untuk pembaca sasaran yang sangat jelas, yaitu mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah.
  • Buku ajar disusun oleh dosen/pakar yang memiliki latar belakang keilmuan linear dengan bidang ilmu yang dibahas di dalam buku. Buku ajar dapat ditulis secara kolaboratif.
  • Buku ajar diterbitkan oleh penerbit buku resmi (berbadan usaha/hukum, anggota Ikapi, anggota ISBN internasional, dan berpengalaman menerbitkan buku ilmiah). Materi buku ajar merupakan representasi RPS yang berorientasi pada capaian pembelajaran mata kuliah.
  • Judul buku ajar umumnya identik dengan nama mata kuliah atau mengandung kata kunci nama mata kuliah.
  • Unit pembelajaran atau bab buku ajar mengandung komponen yang khas, yaitu materi esensial, materi pengayaan, aktivitas pembelajaran, asesmen formatif/sumatif
  • (latihan, tugas, dan soal evaluasi), dan rangkuman.
  • Buku ajar disusun sekurang-kurangnya untuk setengah semester dan idealnya untuk satu semester pembelajaran.
  • Bobot materi buku ajar antarbab atau antarunit pembelajaran dirancang relatif sama dari segi kedalaman materi (sesuai dengan level kognitif) dan ketebalan halaman.
  • Buku mempertimbangkan penyajian berdasarkan level kognitif yang dapat menggunakan Taksonomi Bloom (revisi). Prakata memuat bahwa jenis buku adalah buku ajar yang digunakan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah untuk mahasiswa
  • (sebutkan tingkat/semester).
  • Buku ajar di suatu perguruan tinggi dapat sangat khas memuat materi pembelajaran yang mungkin berbeda dengan buku ajar di perguruan tinggi lain dalam mata kuliah yang sama.